Saturday, 16 December 2017

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 214 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Shiro7D
Proof Reader
Mizuki Hashima


Arc 24: Sang Raja Sibuk Dalam
Berbagai Hal 

Chapter 214: Kandaraan Rel, dan Pertanda Perang


Sebuah reaksi langsung muncul dalam beberapa hari setelah aku memberikan [Radar] ke guild, 3 fraze kelas-rendah telah muncul. Lokasinya ada di kota pelabuhan di barat laut Rifurizu. Kelihatannya para adventurer di Negara itu telah mengalahkannya.

Yah… Jika kelas-rendah, beberapa adventurer kelas merah sudah cukup untuk mengalahkannya. Meski membutuhkan banyak waktu.

Tetapi, masih ada satu masalah. Meski radar itu bisa memprediksi lokasi dan jumlah fraze, untuk memprediksi waktu kemunculannya masih kurang jelas. Jadi cukup sulit untuk berjaga 24 jam selama 3 hari.

Di lain sisi, guild telah membeli material kristal dengan harga yang cukup tinggi, jadi seharusnya mereka dalam keadaan keuangan yang sedang tidak stabil. Selain itu, telah diputuskan bahwa guild akan menjual material itu ke para pedagang. Jadi haruskah aku membeli material kristal dari Negara yang telah mengalahkan fraze?

Tidak semua adventurer bisa menerima permintaan penaklukan fraze karena permintaan seperti itu adalah permintaan khusus. Guild hanya memberikan permintaan itu pada adventurer yang dipercayanya.

Akan sangat menyebalkan kalau ada adventurer yang menerima permintaan tersebut melarikan diri.

Pokoknya, baguslah kita bisa mengetahui performa dari radar itu. Jadi untuk kedepannya tidak akan ada masalah.

Aku juga telah membagikan Radar ini ke suku-suku di Great Forest Sea melalui  Suku Lauri dan Pam. Seekor burung pengantar surat (bukan burung merpati atau semacamnya) akan terbang ke suku Lauri jika sesuatu terjadi. Lalu, Pam akan menghubungiku melalui
gate-mirror.

Memang akan bermasalah jika fraze muncul dari laut, tapi tidak ada yang bisa kulakukan dengan itu.

Untuk sekarang, aku hanya bisa berdoa agar tidak ada kerusakan besar yang akan terjadi.

Dengan begitu, apakah ini tidak masalah?(Touya)
Hohou. jadi benda ini yang di namakan trolley?

Saat ini, aku berada di depan para pemimpin Negara Aliansi, aku sedang menjelaskan trolley sambil berpikir tentang masalah tadi. Aku telah membuat sebuah rel lurus di dataran luas Brunhild, dan menunjukkan trolley yang bergerak di atasnya.

Seperti yang telah saya jelaskan barusan, gerbong ini akan bergerak di atas rel dengan menggerakkan gagang ini ke bawah dan ke atas. Alat ini berfungsi untuk mengangkut sesuatu.(Touya)
Begitu ya. Konstruksinya tidak terlalu rumit. Akan tetapi, Bukankah gerbong ini tidak akan bisa mengangkut banyak muatan?
Itu memang benar. Tapi gerbong ini hanyalah bahan uji coba dan jika tidak ada masalah, saya akan mengganti gerbong ini dengan kendaraan lain yang memiliki kecepatan tinggi dan bisa membawa banyak muatan.

Akan menjadi masalah jika aku membuat kereta atau semacamnya secara tiba-tiba. Karena ada kemungkinan seorang yang tidak mengetahui hal itu, menedakinya rel pada saat kereta melintas. Jadi pertama-tama, aku akan mengenalkan rel dan membuat mereka sadar bahwa ada sesuatu yang akan melintasinya, dan kecelakaan akan bisa diminimalisir jika ini hanya menggunakan trolley.

Menurut cerita Shesca
, dkk, kelihatannya kereta sudah ada sejak zaman kerajaan kuno. Jadi hal ini lebih tepat dikatakan menghidupkan kembali teknologi dunia ini daripada membawa teknologi dari dunia lain. Yah… walaupun kereta-kereta itu adalah kereta sihir dengan suara keras.

Untuk meratakan rute relnya, akan lebih mudah jika seseorang yang bisa mengunakan sihir tanah untuk melakukannya. Ngomong-ngomong alat ini juga dapat membantu pengangkutan core di pertambangan…(Touya)
Hmmm. Anda benar.
Akan tetapi, saya ingin anda memperhatikan kelebaran relnya. Karena recananya saya akan menyatukan setiap rel tersebut. dan jika relnya sudah terhubung dari Rifurizu sampai Rodomea, jalur perdagangan pasti akan lebih mudah.  Bukankah merepotkan jika kita harus membuatnya dari awal, hanya karena ukuran relnya berbeda?(Touya)

[Gauge] atau biasa dipanggil dengan kelebaran rel. Kelebaran yang paling umum digunakan di bumi adalah 1435mm atau disebut [Gauge Standar], sedangkan di jepang menggunakan [Gauge Sempit] atau 1067mm. Walaupun kelihatan berbeda dari [Gauge Standar], rupanya kereta peluru masih menggunakan gauge 1435mm, jadi aku memutuskan gauge itu juga.

Sebenarnya, pekerjaan kakekku adalah berjalan dan mengukur kelebaran dari rel, dan ia sering menceritakan tentang betapa pentingnya itu. Rel bisa melebar ataupun menyusut karena panas atau dingin yang berlebihan. Jadi jika dibiarkan itu dapat menyebabkan kereta keluar jalur. Aku masih ingat betul berapa sering kakek mengatakan bahwa pekerjaannnya itu sangatlah penting.

Emm… Negara kami tidak terhubung dengan Negara lainnya…(Raja Rynie)

Sang Raja Rynie, Cloud-san mengangkat tangannya. Rynie adalah Negara 1 pulau yang perbatasannya hanyalah dengan Kerajaan Paluf di sebelah utara.

Ada baiknya anda membuat rel dengan kelebaran yang sama dari awal, karena jika saat negara lain memberikan kendaraan rel kepada anda, anda bisa menggunakan. Jadi saya rasa kita tidak perlu membuat rel dengan kelebaran yang berbeda.(Touya)
Begitu yah…?(Raja Rynie)

Pada dasarnya, kemungkinan kecelakaan seperti tabrakan dari depan tidak akan terjadi jika mereka memasang 2 rel, satu rel ke arah berbeda sementara yang satunya ke arah sebaliknya. Setelah membicarakan berbagai pertimbangan, para pemimpin Negara langsung beranjak ke waktu senang-senang seperti biasanya.

Waktu senang-senang saat ini adalah pergi bolak-balik di rel lurus sepanjang 200 meter, mengendalikan gagang ke atas dan ke bawah sambil menikmatinya dengan gembira. memangnya kalian bocah?

Seperti yang diduga. 2 perempuan, Sang Paus dan Gubernur Utama, tidak naik dan tidak bersukaria.

Mereka malah melihat instruksi dan gambar kendaraan rel yang telah kuberikan pada semuanya dengan pertimbangan yang intens. Kelihatannya mereka berdua telah memikirkan cara untuk memanfaatkannya.

Rodomea dan Ramisshu merupakan Negara tetangga yang dibatasi oleh sungai besar, dan aku berpikir bahwa perdagangan akan berkembang dengan pesat apabila sebuah jembatan dibuat.

Kebetulan, Raja Rifurizu dan Misumido terlalu senang dan menaikkan kecepatannya terlalu banyak. Oleh karena itu, meskipun mereka telah menggunakan rem mereka tidak dapat berhenti dan terlempar. Kecelakaan ini menjadi contoh yang bagus bagi mereka. Secara
spontan, aku menyembuhkan luka-luka mereka dengan sihir penyembuhan. Itulah yang akan terjadi jika kau terlalu banyak menaikan kecepatannya.

***

Sebentar lagi, musim semi akan datang. Hari-hari dingin mulai berkurang dan hari-hari hangat mulai bertambah.
Bersamaan dengan itu, kelihatannya para wisatawan juga mulai bertambah. Jalan-jalan juga menjadi ramai, sampai pada titik menjadi sesak.
Para adventurer yang mengincar dungeon, dan para pedagang yang mengincar para adventurer juga telah berbaris di jalan-jalan.
Pada awalnya, aku pernah berpikir apa yang akan terjadi dengan Negara ini, tapi sepertinya Negara ini telah berkembang dengan cukup baik.

Baginda Raja.(Tsubaki)
Ha? Tsubaki-san?(Touya)

Saat aku berjalan di kota, seekor kucing di pagar berbicara padaku. Kucing ini bukanlah hewan panggilan. Rupanya ini adalah Ninjutsu Shinobi Takeda, dan merupakan teknik yang membuatmu bisa mengeluarkan suara dari arah lain. Jadi kemungkinan Tsubaki-san sedang bersembunyi di sekitar sini.

Walaupun Kurasa tidak masalah jika ia berbicara langsung padaku. Apakah ada alasan tertentu dia melakukan ini?

Saya telah menerima sedikit berita yang ingin anda dengar. Sepertinya di Ishen akan terjadi  perang.(Tsubaki)
Di Ishen? Dimana dan sampai pada titik mana perang itu berlangsung?(Touya)
Diantara 8 Raja yang terdiri dari Oda, Hashiba, Chousokabe, Mouri, Shimazu, Tokugawa, Uesugi dan Date, saya telah diberitahu kalau Chousokabe telah kalah dari sekutu Oda dan Hashiba dan wilayahnya telah diambil alih. Namun setelah Raja feudal Oda, Oda Nobunaga dibunuh. Raja feudal dari Hashiba, Hashiba Hideyoshi mengambil alih wilayah Oda dan menjadi pemilik kekuatan terbesar. Tokugawa telah membuat kerjasama dengan Date untuk menghadapi Hideyosi.

Huh? Oda-san dan Nobunaga(信長)… Nobunaga(信永)? Apakah ia dibunuh? Seperti yang telah diduga.

Apakah orang yang membunuh Raja feudal Oda adalah orang yang bernama Akechi-san? Dan Raja Oda diserang di kuil saat tengah malam?(Touya)
… Benar. Seseorang bernama Akechi Mitsuhide memberontak saat Raja sedang berada di tempat penginapannya di kuil bernama [Honnoji]… Kenapa anda tahu akan hal ini?(Tsubaki)
Mn, Aku merasa kalau situasinya akan menjadi seperti itu.(Touya)

Seperti yang telah kupikirkan. Kejadian-kejadian di Ishen tidak sepenuhnya mengikuti sejarah duniaku, tapi hanya beberapa aspek saja yang terlihat sama. Yah aku tidak pernah mendengar tentang kerjasama antara Tokugawa dan Date sih.

Dan, bagaimana dengan prajurit Hashiba?(Touya)
Saat ini, mereka memerintah Mouri dan Shimazu dengan paksa. Beberapa kekuatan yang tersisa adalah Tokugawa, Date, dan Uesugi. Akan tetapi… (Tsubaki)
Ada apa?(Touya)
Sementara di lain sisi, prajurit Hashiba sedang membangun kapal perang, dan mereka bergerak di bagian timur Ishen. Sepertinya mereka berniat untuk menyeberangi lautan dan menyerbu Yuuron…(Tsubaki)

Apa ini? Jika aku tidak salah, ada sebuah periode di sejarah kami yang Bunroku-Keicho campaign*…. Ara? Bukankah akan berbahaya jika Yuuron diserang dalam keadaan sekarang?
(TN : Priode jepang invasi korea, untuk lebih jelas liat di Wiki https://en.wikipedia.org/wiki/Japanese_invasions_of_Korea_(1592%E2%80%9398)

Bagaimana keadaan di Yuuron saat ini?(Touya)
Saat ini sedang terjadi perselisihan antara beberapa bangsawan yang mengklaim anak haram sang Raja untuk menjadi Raja yang baru. Kejadian ini sama seperti Ishen beberapa waktu yang lalu.(Tsubaki)

Aku penasaran, bukankah akan buruk jika prajurit Hashiba menginvasi Yuuron yang sekarang? Mereka mungkin tidak akan bisa menguasai seluruh bagian Yuuron, tapi mereka mungkin bisa menaklukkan sebagiannya.

Sejujurnya, aku tidak peduli sama sekali tentang apa yang akan terjadi pada Yuuron…

Ada beberapa alasan kenapa Yuuron tidak diinvasi sama sekali meski keadaan dalam keadaan seperti ini, dan
salah satu alasannya adalah fraze.

Negara-negara lain khawatir, jikalau pembantaian masal terjadi lagi di Negara itu, dan mereka tidak bisa mengatasinya.

Namun, ada juga Negara-negara yang tidak ingin menginvasi Yuuron seperti Kerajaan Horn atau Kerajaan iblis Zenoasu. Negara-negara yang tidak ingin menginvasi mereka juga mencakup Negara yang tidak ingin berubungan dengan Yuuron seperti Kerajaan Hanock. Jadi, aku tidak terlalu yakin akan hal itu.

Pertama-tama, sepertinya Rodomea juga tidak memiliki keinginan untuk menginvasi mereka. Kalau begitu, ada kekhawatiran apakah Kerajaan Ferzen dan Nokia akan terpengaruh dengan pergerakan Ishen dan juga memulai serangan yang sama ke Yuuron.


Dalam scenario terburuk, sebuah perang antara 3 Negara akan terjadi dan Yuuron sebagai medan pertempurannya. Bicara tentang kekuatan, terlihat bahwa Ishen lebih lemah daripada 2 Negara itu, tapi aku penasaran apa yang akan mereka lakukan.

Apa pergerakan Ferzen dan Nokia?(Touya)
Untuk saat ini tidak ada. Namun karena Ferzen diapit oleh negara-negara besar seperti Rodomea di barat dan Restia di selatan, saya tidak berpikir kalau mereka akan bergerak semudah itu.(Tsubaki)

Begitu ya... Kalau begitu, pergerakan prajurit Hashiba terjadi karena mereka telah mengetahui bahwa situasi akan menjadi seperti itu? Atau mungkin mereka memiliki alasan lain kesini…

Meski mereka tidak akan bisa menguasai semua kepulauan mereka sendirian, kenapa mereka menginvasi Negara lain?

Katakan, orang seperti apa Hideyoshi itu?(Touya)
Saya tidak terlalu mengetahuinya. Ia bergabung dengan Oda setelah secara tidak terduga, menerima posisi sebagai Raja feudal dari Sang Kaisar. Lalu, saat saya berpikir kalau mereka akan membuat sebuah aliansi, perang saudarapun terjadi. Ada rumor yang mengatakan bahwa ia adalah orang kecil dengan wajah monyet yang mengendailakan pertarungan dengan membawa labu emas, tapi tidak ada seorang pun yang pernah melihatnya kecuali orang-orang Hashiba.(Tsubaki)

Tidak ada yag pernah melihatnya? Apakah ia berhati-hati agar tidak dibunuh? Hideyoshi adalah orang yang terkenal menurut ingatanku, tapi sepertinya ia berbeda disini. Ketika aku mendengar ceritanya secara detail, telah disebutkan kalau ia bererak seperti bayangan Nobunaga, tapi seperti itulah Hideyoshi.

terlebih lagi, ada seorang Kaisar atau semacamnya. Aku telah mendengar kabar bahwa Raja Ishen tidak memiliki kekuatan untuk
menahan Raja feudal, tapi apakah Hideyoshi ini adalah orang berkemampuan Kaisar. Jika tidak, maka mustahil ia akan bisa menjadi Raja feudal dengan mudah.

Apa yang sedang Ieyasu-san lakukan?(Touya)
Ia bekerjasama dengan Date dan sepertinya ia juga akan melakukan hal yang sama dengan Uesugi. Kemungkinan Takeda kami… bukan, Takeda yang sebelumnya ingin membentuk aliansi dengan prajurit Uesugi untuk bersiap-siap melawan prajurit Hashiba.(Tsubaki)

Yup, sekarang apa yang bisa dilakukan? Meski aku sangat yakin kalau Ieyasu-san akan menyatukan Ishen dengan mudah sih.

Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?(Tsubaki)
Untuk sekarang, mari lihat dan tunggu. Hubungi aku lagi jika prajurit Hashiba benar-benar akan menginvasi Yuuron atau menyerang Ieyasu-san.(Touya)
Ha!(Tsubaki)

Disaat si kucing yang ada di pagar menguap seperti biasanya, keberadaan Tsubaki-san juga mulai menghilang.

Sepertinya ada beberapa hal yang mulai mencurigakan. Hanya untuk berjaga-jaga, mungkin akan lebih baik untuk pergi ke tempat
Ieyasu-san dan berbincang-bincang dengannya.
Aku tidak punya hubungan dengan orang Ishen sama sekali kecuali dengan keluarga Yae yang tinggal disana.

Sebelumnya || Daftar Chapter  ||  Selanjutnya

1 comment: