Sunday, 8 April 2018

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 183 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Shiro7D
Proof Reader
UDesu


Arc 22: Jika Musim Dingin Datang, Apakah Musim Semi Masih Jauh Dibelakang Sana?

Chapter 183:  Teka-teki, dan 「Perpustakaan」





Ada delapan koin dan satu timbangan. Akan tetapi, ada satu yang palsu. Koin palsu itu sedikit lebih ringan dari yang asli, kau bisa mengetahui mana yang asli dan yang tiruan dengan timbangan tersebut. Pertanyaannya adalah, berapa kali jumlah minimal penggunaan timbangan yang kau butuhkan untuk mencari koin palsu itu? Dan, jika jawabanmu salah, kau akan dikembalikan ke tempat masuk

Yang ini teka-teki asli, kan? Yah, yang ini terlihat normal.

Ini adalah pertanyaan yang bisa dipahami setelah dipikirkan beberapa saat. Jawabannya adalah….. Tidak….. Tunggu sebentar.

Aku pun mengalirkan kekuatan sihir saat memikirkan kembali jawabannya.

Ding-dong, ding-dong, ding-dong, ding-dong.

Sudah kuduga! Pertanyaannya agak sulit……. Aku melihat dinding itu bergetar saat bergeser ke samping.

Lord, kali ini jawabannya apa?(Kohaku

Kohaku pun bertanya. Nnn? Aah, kau masih belum paham yah?

Menurutmu berapa kali? (Touya)

Yang pertama adalah menimbang empat koin di kedua sisi timbangan. Yang kedua adalah menimbang empat koin di sisi yang lebih ringan. Kita membaginya menjadi dua dan kemudian meletakkannya kembali ke timbangan itu. Yang ketiga dan yang terakhir pasti diantara dua koin terakhir. Koin yang lebih ringan lah yang palsu. Jadi saya rasa jumlahnya 3x timbangan(Kohaku)

Itu mungkin benar. Tapi, kalau kau menaruh tiga koin pada kedua sisi timbangan lalu menimbangnya dan ternyata seimbang, artinya salah satu dari dua koin yang tersisa lah yang palsu, maka cara ini akan memakai 2x timbangan.
Kalau ternyata tidak seimbang, dari 3 koin yang lebih ringan, taruh satu koin di setiap sisi timbangan. Jika seimbang, koin yang tersisalah yang palsu dan jika tidak seimbang, maka koin yang palsu ada di timbangan yang lebih ringan. Proses yang ini juga akan memakai 2x timbangan. Biasanya sih begitu jawabannya(Touya)

Biasanya, lho yah….

Apakah lord tidak menjawab dengan “2x timbangan”?(Kohaku)

Jawabannya adalah proses itu akan memakai “1x” timbangan. Ambil dua diantara delapan koin-koin itu, dan [kalau beruntung] saat menimbangnya, kau akan bisa menemukannya dengan 1x timbangan, kan?(Touya)

“Kalau beruntung”…..(Kohaku)

Pertanyaannya tidak menunjukkan [kepastian] atau [sekali coba], kan?
Itu adalah pertanyaan yang menyuruhmu untuk menjawab berapa kali timbangan itu perlu digunakan dalam jumlah seminimal mungkin
(Touya)

Ini memang reruntuhan Babylon. Pertanyaan barusan sangat keji. Pertanyaan barusan menggambarkan cara pikir professor bejat itu. Karena aku sudah lama mengenalnya, entah bagaimana caranya aku mulai bisa memahami cara pikirnya…. Walaupun aku enggan mengakuinya…. Rasanya aku juga mulai menjadi kotor.

***

Kemudian……

Jawablah pertanyaan ini menggunakan rumus kalkulasi persamaan. Nomer berapa yang cocok untuk “□”

361
108
3
2160
2
10800

Saat aku menemui pertanyaan komparatif, aku berpikir apakah ada trik rahasia di dalam pertanyaan tersebut.

Ternyata, tidak ada trik sama sekali. Jawabannya adalah [5].
(TL: buat yang gak ngerti,
bagi 4 baris tersebut menjadi 2 kelompok yaitu :
36=1 dan 108=3, lalu 2160=2 dan 10800=?.
lalu kalikan angka sebelah kanan kedua dengan sebelah kiri pertama maka hasilnya adalah angka sebelah kiri kedua.
pada kelompok pertama, 3x36=108.
pada kelompok kedua, 2160x?=10800
dan jawabannya adalah 5
)

Ternyata, ini bukanlah teka-teki tipe tebak-tebakan, tapi tipe biasa. Walaupun teka-teki itu tidak sulit, akan merepotkan jika aku menjawab salah lalu dikembalikan ke awal. Dinding itu menutup lagi, dan teka-tekinya berubah….

Ada 2 tali sihir yang tidak bisa dipotong dan jika salah satunya dibakar, akan memakan 1 jam agar tali tersebut terbakar habis. Bagaimana cara terbaik untuk membakar habis tali tersebut dalam waktu 45 menit?

Disaat seseorang mempersiapkan 4 ikan untuk makan malam, datanglah 3 kucing yang setiap 1 kucing membawa 1 ikan lalu berlari. Walaupun anggota keluarga orang tersebut adalah 4 orang, tapi mereka masih bisa memakan 1 ikan untuk 1 orang tanpa ada masalah. Kenapa?

Ada 27 keping emas di dalam tas. Jika 3 adventurer membagi rata keping emasnya, dan ternyata masih ada setidaknya 5 keping di dalam tas, berapa jumlah maksimal kepingan emas yang didapat 1 orang?

Teka-teki biasa. Karena tidak mau kembali ke awal, walaupun aku sudah tahu jawabannya, aku memikirkannya sekali lagi, merenungkan apakah ada sesuatu yang terlewatkan atau apakah ada trik tertentu di teka-teki ini. Karena pada akhirnya hal itu memakan waktu yang lama, aku merasa kalau aku sedang menari-nari di telapak tangan professor bejat itu dan sedang dipermainkannya.

Omong-omong, jawaban pertanyaan-pertanyaan barusan adalah,

Dari kedua tali itu, kita bakar kedua sisi tali untuk tali pertama lalu kita bakar 1 sisi saja untuk tali kedua. Saat tali pertama terbakar habis, kita bakar sisi lain dari tali kedua. Dan dengan begitu kedua tali itu akan terbakar dalam waktu 30 menit + 15 menit atau sama dengan 45 menit
(TL: 1 tali terbakar dalam 1 jam, jika dibakar pada kedua ujungnya, maka akan terbakar selama 30 menit.
tali 1 dibakar di kedua sisi = 30 menit
tali 2 dibakar 1 sisi saja selama 30 menit = masih tersisa setengah tali.
saat tali kedua sudah dibakar selama 30 menit, bakar ujung satunya lagi sehingga tali akan terbakar dari dua sisi dan akan habis setelah 15 menit
)

Kucing-kucing itu [Membawa] 3 ikan lalu berlari, jadi total ikannya adalah 7. Tidak ada yang perlu ditanyakan lagi
(TL : Ini adalah teka-teki dari segi bahasa, “membawa di mulut” dan “menambah” dalam Bahasa jepang sama-sama “くわえて”, itu artinya, kucing-kucing itu sudah membawa ikan dari luar daripada mengambilnya. 3 milik kucing dan 4 milik keluarga tersebut).

Jawabannya 9 keping. Setelah membagi ratanya, 1 orang akan mengambil tas tersebut dan meletakkan koin emas miliknya ke dalamnya.

Itulah jawabannya.

Ding-dong, ding-dong, ding-dong.

Setelah akhirnya menyelesaikan teka-teki di ruangan terakhir yang memiliki pilar batu dengan batu sihir non-atribut, ada formasi sihir familiar yang ada di antara 6 pilar batu.

Akhirnya sampai juga……. setelah menghabiskan banyak waktu di sana….. (Touya)

Ternyata, walaupun itu mungkin hanya lelucon si professor bejat, itu hanyalah pertanyaan yang memang khusus disiapkan untukku. Sambil merasa muak dengannya, aku mengalirkan kekuatan sihir di 6 pilar batu dan berdiri bersama Kohaku di tengah-tengahnya. Setelah mengalirkan kekuatan sihir non-atribut ke bawah kakiku, formasi sihirnya aktif.

***

Saat cahaya berkilauan mulai menghilang dan aku bisa membuka mata, terlihat pemandangan Babylon seperti biasa. Pepohonan ditiup angin sepoi-sepoi dan lautan awan terbentang luas di hadapanku.

Saat aku melihat kesana-kemari, terlihat sebuah bangunan di sebelah pepohonan. Baiklah, apakah itu [Gudang], [Perpustakaan], atau mungkin [Laboratorium]?

Saat aku keluar dari formasi sihir dan berjalan ke arah bangunan itu, tak lama kemudian aku langsung tahu bangunan apa itu.

Bentuk bangunan itu sendiri sama seperti kaleng bundar ikan tuna. Semua permukaannya terbuat dari kaca, dan suasana di dalam bangunan tersebut terlihat jelas. Apa yang terlihat di dalamnya adalah ruangan dengan rak buku yang jumlahnya tak kuketahui, isi dari rak-rak tersebut adalah buku-buku dengan jumlah yang sangat banyak sekali.

Tak diragukan lagi, ini pasti [Perpustakaan].

Sambil mengitari bangunan itu untuk mencari jalan masuknya. Akhirnya, aku menemukan pintu yang amat sangat besar sekali.

Saat aku membuka pintu dobel yang amat sangat besar sekali itu, terdapat satu pintu lagi di dalamnya. Setelah membukanya, aku pun masuk ke dalam [Perpustakaan].

Uwaa……(Touya)

Ini semua buku……(Kohaku)

Baik aku dan Kohaku sama-sama tak bisa berkata apa-apa. Ada buku, buku, dan buku dimanapun mata memandang. Ketinggian rak buku itu sendiri setidaknya 10 meter, dan karena dinding terluar bangunan ini melengkung, tempat ini terlihat seperti labirin sungguhan.

Ada buku yang kelihatannya tidak bisa diambil dengan ketinggian manusia biasa, bagaimana caraku mengambilnya? Tidak ada tangga atau apapun sama sekali di sini….

Saat aku menginjak karpet merah dengan kakiku, aku memutuskan untuk pergi ke tengah bangunan. Karena dibangun dengan bentuk yang kompleks, aku tidak bisa langsung pergi ke tengah bangunan. Kurasa susunan rak buku ini memang dibuat dengan sengaja.

Tapi tetap saja, kalau melihat langit-langit, aku bisa tahu arah tengah bangunan dari titik-titik berkilauan yang tersebar, jadi aku melanjutkan perjalanan sambil mengikutinya.

Tak lama kemudian, aku melihat meja dan kursi di tempat terbuka. Berbagai macam buku tergeletak di atas meja. Sangking banyaknya, buku tersebut telah menjadi sebuah tumpukan buku yang sangat besar dan di samping tumpukan tersebut terlihat seorang gadis yang sedang duduk di sofa.

Ia sama sekali tidak menghiraukanku dan tatap memfokuskan matanya pada buku yang sedang dibaca. Gadis itu memiliki Rambut berwarna coklat pendek dan menggunakan sebuah kacamata. Ia mengenakan Baju yang terlihat persis sama seperti penjaga Babylon lainnya, gadis itu pasti penjaga [Perpustakaan] ini.

Anoo……(Touya)

Aku akan menyelesaikan buku ini dalam waktu sekitar 30 menit, jadi tolong jangan bicara padaku(Penjaga Perpustakaan)

Ah, baiklah……(Touya)

Gak bisa didekati sama sekali oi. Yang barusan itu pasti adalah perlakuan bagi orang yang dianggap sebagai pengganggu. Mau bagaimana lagi, haruskah aku menunggunya? Hanya suara halaman buku yang dibalik oleh gadis itulah yang terdengar di bangunan hening ini. Karena bosan, akhirnya aku mengambil dan membuka buku di sampingku.

Gak bisa dibaca……(Touya)

Bahasa apa ini? Sepertinya ini bukan Bahasa sihir kuno maupun Bahasa roh kuno. Apa mungkin ini Bahasa Paruteno kuno, yah?

Reading/Bahasa Paruteno kuno

Ah, akhirnya aku bisa membacanya. Tapi…… isinya terlalu sulit untu kupahami…… Sepertinya buku ini berisi tentang laporan penyelidikan dan pertanyaan terhadap makhluk sihir.

Karena [Reading] telah diaktifkan, judul yang ada di halaman depan buku lainnya dapat kubaca. Itu artinya semua buku yang ada di sini pasti tertulis dalam Bahasa Paruteno kuno.

Kumpulan pertanyaan dan Campur Tangan Terhadap Manipulasi Cairan Sihir
Sihir Herbal dan Obat-obatan Rahasia
[Pengenalan dunia malam], edisi pemula
(TL : Sepertinya berguna~)

Oiii! Saat aku mengambil buku dengan judul yang sudah jelas apa maksudnya dan membalik halaman demi halaman, ternyata itu hanyalah buku “tutorial” biasa seperti yang diharapkan kebanyakan orang.

Agar bisa menikmati satu sama lain, alangkah baiknya untuk menghilangkan ketegangan sebagai permulaan. Kalau kau sudah cukup umur, tidak masalah untuk meminjam sedikit kekuatan alkohol dengan meminumnya. Akan tetapi, kalau efek alkoholnya terlalu kuat, semuanya akan hancur berantakan, jadi gunakanlah secara bijaksana. Selanjutnya, anukan anunya pasanganmu …. (Touya)

Hmmmmmm…. Ho, hoo…… Ah~, begitu ya………

Tak kusangka kalau ternyata buku ini…. berguna…. kurasa….. Eh, yang ini….
begitu, ya? Yah, tapi tetap saja….. kurasa rintangannya terlalu berat~.
Hal seperti ini [biasa], ini susah sekali
...
(ED : Entah kanapa di Chapter ini, gw marasa Touya sudah mulai di rasuki oleh Si Babylon)

Apa yang sedang kau baca? (Penjaga Perpustakaan)

Awaaa !?(Touya)

Aku pun berdiri secara insting pada suara di belakangku. Kaget oi! Are? Apakah 30 menit sudah berlalu, yah?
(TL : Seperti yang diharapkan dari kegiatan seperti membaca buku dewasa, jangankan 30 menit, 1 jam pun tidak akan terasa~)
(ED : Kayaknya itu eluh dong deh, yang kayak gitu. JONES)
(PR : Dia mah 1 hari juga gak cukup. JONES sih)

Gadis yang terlihat kebingungan itu membuka mulutnya sambil memiringkan kepalanya.

Selamat datang di [Perpustakaan] Babylon. Aku adalah penjaga [Perpustakaan] ini, namaku Iris fam. Panggil saja aku Fam(Fam)

Ah, Aah, Fam, ~yah. Aku Mochizuki Touya. Senang bertemu denganmu(Touya)

Aku menjawabnya sambil mengembalikan buku itu ke tempat semulanya dengan tangan yang kuselipkan ke belakang tubuhku. Aku penasaran apakah ia mengetahui aksiku…..

Berhasil datang kemari, itu artinya kau telah menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan profesor, yah? Karena syaratnya sudah terpenuhi, mulai dari sekarang, kepemilikan frame nomer 24, dengan kode nama [Iris fam], akan dipindahkan padamu. Tolong rawat aku dengan baik, Master(Fam)

Ah, seperti yang kuduga, orang yang membuat pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah profesor bejat itu, yah? Kurasa memang tidak akan ada orang lainya selain dia yang mampu membuat pertanya seperti itu satu persatu. Yah, itu lebih baik daripada diserang dengan serangan-erotis….. Haa!

Setelah sadar akan perkembangan alurnya, aku mencoba untuk bertahan, tapi nasi sudah menjadi bubur, bibirku telah direbut oleh Fam. Lalu dengan cepatnya ia menusukkan lidahnya ke mulutku dan terus memperkosa bagian dalam mulutku. Jika dibandingkan dengan Liora dari [Benteng], Fam langsung menghentikan aksi setelah ia sukses melakukannya.

Pendaftaran selesai. Aku telah mengambil gen Master. Mulai dari sekarang, kepemilikan [Perpustakaan] akan dipindahkan ke Master(Fam)

Kuu, apa aku tidak bisa belajar dari pengalaman? Walaupun sudah tahu kalau pada akhirnya akan seperti ini tapi….. Yah, karena aku tidak punya pilihan selain melakukannya, jadi aku memang harus melakukannya, terlebih memang lebih baik melakukannya secepat mungkin daripada terseret ke situasi yang aneh nantinya, kan…..
(ED : Tragedi Shizuka)

Jadi, sudah Berapa Babylon yang Master kumpulkan?(Fam)

Eh? E~to, [Taman], [Lokakarya], [Bangunan Alkimia], [Hanggar], [Benteng], [Menara]. Totalnya 6. Dan akan jadi 7 dengan bertambahnya [Perpustakaan](Touya)

Begitu ya. Kalau begitu, ikuti aku(Fam)

Saat Fam mengetik sesuatu di terminal meja, [Perpustakaaan] mulai aktif.
Ia mungkin mau menggabungkan diri dengan Babylon lain yang ada di atas langit Brunhild.

Master, aku punya permintaan. Aku ingin menerima buku-buku baru untuk [Perpustakaan] ini…. (Fam)

Masih mau menambah buku-buku yang ada di sini? Tapi buku-buku di sini ternyata banyak sekali ya..(Touya)

Kurasa ada sekitar 20 juta buku tersimpan di sini(Fam)

20 juta…… kalau tidak salah, bahkan perpustakaaan nasional Jepang saja hanya sampai sekitar 10 juta, kan? Dan, jika kau juga menghitung yang lain seperti majalah, koran, dan material non-buku, totalnya akan bertambah sampai 35 juta.

Karena sudah hampir selesai membaca semuanya, aku ingin membaca yang baru. Kumohon dengan sangat...(Fam)

Hampir selesai membaca semuanya…. 20 juta itu?(Touya)

Rata-rata aku bisa menyelesaikan 1 buku dalam 2 jam, dan kalau kegiatan itu dilakukan terus-menerus selama 5000 tahun, maka hasilnya akan seperti ini(Fam)

Tidak-tidak-tidak. Apa kau tidak istirahat sama sekali!? Shizuka dan Flora saja telah tidur untuk waktu yang sangat-sangat lama sekali dengan mesin tidur, bahkan saat aku sampai di [Menara], Noel masih tetap tidur. Apa kau paham apa yang kukatakan, huh!?

Aku bisa melakukannya karena aku tidak banyak bergerak. Tapi tetap saja, karena telah beroperasi selama lebih dari 5000 tahun, kondisiku telah melemah. Yah, kalau [Laboratorium] sudah ditemukan, aku pasti akan dapat melakukan perawatan yang diperlukan(Fam)

Jadi ia telah membaca buku selama lebih dari 5000 tahun yah…..

Ia pecinta buku profesional. Apakah ia kutu-buku? Sungguh tak disangka-sangka.

Baiklah, haruskah aku memberitahu kalau aku sudah menemukan [Perpustakaan] yang Rin damba-dambakan? Dan karena yang dibicarakan adalah Rin, kurasa ia akan tinggal di sini dalam waktu yang sangat lama.




Sebelumnya || Daftar Chapter  || Selanjutnya

3 comments: