Sunday, 8 April 2018

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 184 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Shiro7D
Proof Reader
UDesu


Arc 22: Jika Musim Dingin Datang, Apakah Musim Semi Masih Jauh Dibelakang Sana?

Chapter 184:  Pengakuan dari Sang Peri, dan Tipe「Manusia」






AKHIRNYA, SUDAH DITEMUKAN!! (Rin)

Seorang goth loli dengan kepang dua pendek mengangkat tinggi-tinggi tangannya dan menunjukkan ekspresi sangat bahagia di seluruh tubuhnya. Tidak perlu ditanyakan lagi, gadis itu adalah Rin.

Di sampingnya ada boneka beruang yang juga membuat pose kegembiraan dengan mengangkat tangannya seperti pemiliknya.




Hasil dari penilitian kuno! Pengetahuan dan sejarah yang tidak diketahui! Semuanya ada di genggamanku! (Rin)

Sulit bagiku untuk mengatakan ini karena kau terlihat sangat bahagia. Tapi tahukah kau, jika aku akan melarangmu membaca semua buku yang ada di [Perpustakaan]?(Touya)

Apa katamu!? (Rin)

Sambil membuka matanya lebar-lebar, Rin dengan cepat menghadap ke arahku.

Omong-omong, saat ini kami berada di istana Brunhild dan aku masih belum membawa Rin dan yang lainnya ke [Perpustakaan]. Untuk sekarang, Aku memanggil Rin ke ruang resepsi (meskipun Pola juga ikut bersamanya) dan aku membuatnya sangat terkejut saat aku mengatakan bahwa aku telah menemukan [Perpustakaan].

Yahh, kau tahu, jika dipikir-pikir, Rin adalah duta besar Misumido. Akan sangat menjengkelkan bagiku jika kau mengambil semua pengetahuan kuno dan lainnya seperti ini, tidakkah kau setuju? Dan lagi, aku tidak tahu apa yang bisa kau berikan padaku untuk semua ini,kan? (Touya)

Pada akhirnya akan jadi seperti ini juga,ya? Yah, bukan berarti aku tidak mengerti alasannya…. Baiklah, begini saja. Aku memintamu untuk menunjukku sebagai penyihir kerajaan Brunhild (Rin)

Ha!!? (Touya)

Apa yang orang ini katakan? Memang benar sih, posisi penyihir kerajaan kami masih kosong sekarang. Dia sendiri juga seorang pemimpin dari suku peri yang unggul dalam masalah sihir, jadi seharusnya tidak ada masalah jika menyangkut kemampuannya.

Akan tetapi, Rin tetap saja seorang duta besar Misumido, dan apakah ini tidak masalah? Dia sendiri kurang lebih adalah figur sentral dari negara lain sekaligus pemimpin dari salah satu 7 klan demi-human.

Tidak masalah, meskipun aku pemimpin ras peri. Namun saat ini itu hanya pemimpin dalam nama saja. Karena, saat ini yang melakukan pekerjaan itu adalah Eris* (Rin)
(ED : Dewi di Konosuba :P)

Eris? (Touya)

Dia adalah penyihir kerajaan Misumido. Kurasa inilah saatnya aku menyerahkan jabatan pemimpin itu padanya. Jadi aku bisa pensiun dan menyibukkan diriku mempelajari semua ini (Rin)

U~mu, jika dia hanya pemimpin dalam nama saja, kurasa dia tidak akan tahu banyak rahasia Misumido, dan mereka tidak akan khawatir dia membocorkan sesuatu. Terlebih lagi, jika berbicara tentang beast king itu, dia mungkin tidak akan keberatan. Karena ia ingin menaikkan status demi-human di negara-negara lain, dia pasti akan langsung menyetujui hal ini. Yah, kesampingkan dulu berguna atau tidaknya dia.

Kasar sekali. Aku akan menunjukkan padamu bahwa aku bisa menggunakan pengetahuan yang ada di [Perpustakaan] untuk kepentingan Brunhild . Ah, bagaimana jika aku menjadi istrimu saja? (Rin)

Tidak, untuk sekarang aku rasa sudah cukup…… Omong-omong, apakah Rin belum pernah menikah sebelumnya? (Touya)

….. Betapa mulusnya kau menghindari pengakuan cinta sekali seumur hidupku …. Apakah kau tidak akan mempertimbangkannya? (Rin)

Meskipun ia mengeluh karena suatu alasan, Aku akan mengabaikannya. Mungkin sedikit terlambat untuk mengatakan ini, tapi setelah hidup selama lebih dari 600 tahun, bukankah ia seharusnya sudah menikah sekali atau dua kali? Atau mungkin dia sudah mempunyai anak?

Aku belum menikah ataupun mempunyai anak. Kupikir aku sudah mengatakan ini sebelumnya, tapi masa pertumbuhan para peri berhenti di tengah-tengah masa remaja dan pertengahan pertama 20-tahun mereka … Nah,dalam kasusku, hal ini terjadi terlalu dini ….. Dan karena hal itu, aku tidak menemukan seseorang yang bisa disebut sebagai pasangan hidup. Meskipun aku pernah beberapa kali dilamar oleh orang yang punya selera aneh, namun aku tidak seputus asa itu untuk menerima mereka menjadi pasangan hidupku (Rin)
(TL : ternyata ada lolicon juga di ras peri,hahahaha)

Yah, Aku sudah menduga hal itu. Apalagi, pertumbuhannya yang berhenti terlalu dini membuatnya jadi seperti ini selamanya. ditambah dia adalah pemimpin dari ras peri, dia pasti akan berpikir 2 kali untuk memilih pasangan hidupnya.

Meskipun ada pepatah yang mengatakan [Cari dan nikahilah wanita yang lebih tua meskipun itu artinya kau akan memakai sepatu besi], namun dalam kasus ini dia terlalu lebih tua daripada aku. Dan pada saat aku sedang memikirkan arti memakai sepatu besi tua……

……Apa kau tidak suka dengan yang lebih tua? (Rin)

Tidak, kurasa tidak? Dalam kasus Rin, aku tidak berpikir kalau kau lebih tua dariku dan aku tidak merasa terganggu dengan hal itu. Akan tetapi, lain lagi ceritanya jika menyangkut pernikahan. Aku percaya dan tidak membenci Rin, tapii… (Touya)

Ara, Aku cukup senang denganmu loh. Sampai pada titik dimana aku berpikir Ok untuk menikah. Aku menyukaimu sampai seperti itu, kau tahu? (Rin)

Uguuu…! Mengucapkan kata “SUKA”… secara langsung.

Rin bangun dari kursinya, berjalan dan menatap wajahku. Pupil mata nakalnya melihatku dengan sungguh-sungguh, dan entah kenapa aku tidak bisa mengalihkan pandanganku darinya. Apa aku seperti katak yang dilihat oleh ular?

Pada saat aku berpikir, dia menutup matanya dan secara tidak terduga menciumku.

!? (Touya)

Fufuu, berdasarkan reaksimu kelihatannya kau punya sedikit perasaan padaku. Tapi meski sudah memiliki 7 tunangan, bagaimana mungkin kau bisa tidak terbiasa pada hal seperti ini?(Rin)

Bisa membuat pandangan yang sangat memikat meskipun dengan tampangnya yang kekanak-kanakan, apa itu hasil dari hidupnya yang panjang?

Berbahaya. bahkan aku menyadari bahwa wajahku mulai memerah. Jika ia adalah seseorang yang tidak kukenal, aku akan sangat terkejut dan tak akan bingung seperti ini. Tapi justru karena dia adalah seseorang yang sangat kukenal lah yang membuatku menjadi seperti ini.

Saat aku bingung bagaimana harus memberi balasannya, Rin pun tersenyum kecil.

Yah, aku tidak memintamu menjawabnya sekarang. Meskipun aku berpikir bahwa akan bagus jika aku dapat menjadi istrimu juga, karena setelah dipikir-pikir aku juga ingin menikah setidaknya sekali. Jadi aku harap kau dapat memikirkan hal ini dengan serius meski hanya sebentar. Dan asal kau ketahui, aku ini adalah tipe orang yang setia dan penurut loh (Rin)

Saat dia berpisah denganku, dia menciumku lagi namun kali ini pipi. Kuu, imutnya. Meskipun kupikir kata-kata itu tidak cocok untuk seseorang yang telah hidup lebih dari 600 tahun.


Jadi, apakah tidak apa-apa untukku menggunakan [Perpustakaan] jika aku menjadi istrimu? Darling (Rin)

Sudah kuduga, apakah itu tujuan?! (Touya)

Sejujurnya, bukan hanya itu saja. Bagian “aku menyukaimu” itu juga benar. Apa kau tidak mempercayaiku? (Rin)

Aah, sudah cukup….. aku mengerti. Kau boleh membaca dan memeriksanya semaumu. Tapi kau tidak boleh menyebarkan hal itu seenaknya? (Rin)

Terima kasih Darling. Aku mencintaimu (Rin)

Sangat mencurigakan…. Huh? Bukankah aku baru saja membiarkan diriku takluk pada teknik rayuan perempuan? Tidak, anggap saja sekarang aku telah mendapatkan orang jenius. Meskipun aku tidak berpikir aku bisa menipu semuanya dengan alasan ini, tapi tidak diragukan lagi bahwa ini membuat kesehatan mentalku manjadi lebih baik.

Saat aku memikirkan hal ini, Pola menggerakkan kepalanya sedikit dan mengangkat bahunya seakan-akan berkata [Ya ampun] di depanku.
 (Tl : yare-yare)

***

Fuaaaaaaaa…………(Rin)
Hawaaaaaa………… (Hilda)

Suara Rin dan Hilda memenuhi ruangan [Perpustakaan]. Yang lainnya juga terkejut,tapi tidak berlebihan seperti mereka berdua.

Untuk Rin, datang ke [Perpustakaan] memang sudah menjadi tujuannya, dan untuk Hilda, dia terkejut karena Babylon itu sendiri. Yah hal ini bisa dipahami karena ini pertama kalinya aku mengajaknya ke Babylon.

Bagaimana bisa hal ini terjadi!? Untuk  membuat sebuah pulau kecil melayang di langit …..! Ah, Frame Gears juga ada di sini!?(Hilda)

Permisi, tapi bisakah kau tenang di dalam [Perpustakaan]? (Fam)

Ah, maafkan aku…… (Hilda)

Hilda yang meninggikan suaranya, ditegur oleh Fam yang sedang membaca buku sambil duduk di sofa. Buku yang di baca Fam saat ini adalah buku terakhir dari buku yang aku akan kirimkan ke [Moon Read] bulan ini. Ah, untuk berjaga-jaga, aku tidak menambahkan buku-buku mencurigakan di sana.

Omong-omong, bagaimana caranya aku bisa mengambil buku yang ada di atas? Apakah ada tangga atau semacamnya?(Rin)

Aah, cobalah untuk menyentuh rak buku dengan tangannmu dan bayangkan ketinggian yang kau inginkan (Touya)

Ketika Rin menyentuhnya seperti yang kukatakan, rak buku tersebut turun kebawah dan berhenti pada posisi yang diinginkannya..

Aku mengerti. Jadi ruangan ini punya system dan struktur seperti itu.…. ini……! (Rin)

Dia mengambil satu buku dari rak yang baru saja diturunkannya. Judulnya seperti biasa tidak bisa dibaca. Apa mungkin Rin membacanya? Dia meninggikan suaranya selagi dia membalikkan halaman buku itu dengan senang.

Buku apa itu? (Touya)

Ini adalah buku tentang sihir kuno! Meskipun ditulis dengan bahasa sihir kuno, tapi aku masih bisa membacanya sedikit. Sihir kuno yang masih ada sampai sekarang dan sihir kuno yang sudah tidak diwariskan lagi disebutkan semuanya di sini! Tahukah kau betapa menakjubkannya buku ini!? (Rin)

Permisi, bisakah kau tenang di [Perpustakaan]? (Fam)

Ah, maafkan aku….. (Rin)

Fam memberi peringatan sekali lagi. Ia memberi peringatan sambil tetap menatap bukunya. Orang ini tidak bisa membaca situasi. Dasar kutu buku.

Akan tetapi, jumlah bukunya sangat banyak ~degozaru…. Bukankah masalah terbesar kita adalah mencari 1 buku dalam ruangan ini?(Yae)

Ahh, hal itu bukan masalah. Contohnya……, Ohh,iya, [Pencarian buku tentang pedang] (Touya)

Setelah aku mengucapkannya, ada tanda panah muncul di atas karpet. Jika kau mengikuti tanda panahnya, kau akan bisa menemukan buku yang kau cari. Kebetulan, meski kau mengembalikan sebuah buku di rak yang salah, buku tersebut akan kembali sendiri ke rak aslinya. Kurasa, Sistem ini sama seperti sistem mesin otomatis. Hal ini tentu sangat berguna sekali.

Menarik sebuah buku dan membalikkan halamannya dengan cepat, Yumina berbisik kepadaku. Apa mungkin dia tidak ingin membuat Fam marah?

Akan tetapi, semua buku ini ditulis dengan bahasa yang tidak kami pahami… Kita harus meminta Touya-san untuk membuat kacamata bahasa untuk kita (Yumina)

Membuatnya tidak susah. Jika kau tahu bahasa apa yang digunakan, oleh karena itu. Fam, bisakah kau memberitahu kami? (Touya)

Ketika aku memanggil Fam, ia langsung mengalihkan pandangannya dari buku dan berdiri. Seperti yang diharapkan, tidak mungkin baginya untuk mengabaikan kata-kataku, yang menjadi Masternya.

Mungkin hal ini tidak penting, tapi gadis ini juga memakai pakaian pilihannya sendiri yang ia temukan dari baju-baju yang kuterima dari Zanakku-san. Apa yang tidak kumengerti adalah kenapa ia memilih seragam sailor. Walaupun memang benar pakaian itu membuatnya seperti Bungaku Shoujo.
(ED : Gadis Klub Sastra. Memang sengaja gak di TL biar keren :p)

Ditulis dengan bahasa apa saja buku-buku yang ada di sini?(Touya)

Bahasa sihir, bahasa roh, bahasa paruteno, huruf rahasia remiria, bahasa suci rasta, bahasa resmi pimpinan dewa, bahasa singkat deigar, bahasa perbatasan rolard, bahasa kitab, pictograf esteba, bahasa aba, bahasa calnar, bahasa markur, bahasa umum salieri, bahasa kekaisaran urdenias, huruf gazur, dan bahasa bangsa (ras)iblis kuno….. kurasa itu sudah semuanya. Aku tidak ingat ada bahasa lain selain yang telah kusebutkan. Karena mustahil bagiku untuk belum membacanya, Aku akan langsung mengerti jika aku melihatnya (Fam)

Banyak! Yah, kalau aku membandingkannya dengan bahasa yang ada di bumi, mungkin masih dalam skala yang lebih kecil. Mungkin bahasa-bahasa itu berasal dari banyak negara yang bersatu sampai batasan tertentu.

Jika aku tidak salah, seharusnya ada kerajaan kuno Paruteno di zaman professor itu, kan? Paruteno adalah sebuah kerajaan sihir yang menurut sejarah pernah memimpin hampir setengah dari benua ini. Jadi tidak mengherankan kalau ada begitu banyak buku kuno yang tertulis dengan bahasanya.

Sebuah kerajaan yang pernah berjaya 5000 tahun yang lalu, ya? Tapi kerajaan itu benar-benar dihancurkan oleh para Fraze sewaktu mereka menginvasi dunia ini... N? Tunggu sebentar.

Pencarian buku tentang Fraze (Touya)

Saat aku mencoba untuk mencarinya, sebuah tanda panah muncul di atas karpet. Jadi benar-benar ada, ya?

Meskipun kerajaan itu telah dihancurkan, para penduduk yang selamat pasti telah menulis sesuatu demi orang-orang di masa depan.

Saat mengikuti tanda panah itu, Aku menolehkan pandanganku pada rak buku yang berkedip. Diantara barisan buku yang ada di rak itu, aku mengambil 1 buku yang sedikit menonjol. Aku menggunakan sihir [Reading] karena buku itu ditulis dengan bahasa Paruteno. Baiklah, aku bisa membacanya sekarang.

Monster Kristal sihir

Selagi aku membalikkan halaman-halaman buku dengan judul tersebut, aku menemukan ciri-ciri Fraze seperti memburu manusia, titik kelemahannya yang disebut dengan [core], kemampuan lainnya seperti regenerasi dan menyerap sihir juga tertulis, tapi aku tidak menemukan hal-hal baru melebihi apa yang kudengar dari End. Pada dasarnya, ambisi mereka untuk mendapatkan [King’s core] atau fakta bahwa mereka adalah pengunjung dari dunia lain juga telah tertulis di buku ini.

Buku ini juga menceritakan bahwa desa, kota, dan ibukota hancur setelah para Fraze muncul 5000 tahun yang lalu. Sejujurnya, kebanyakan isi dari buku ini tidak berguna. Karena sebelum orang-orang bisa membuat solusi untuk masalah ini, para Fraze itu telah menghilang, jadi wajar kalau informasinya kurang.

Dikarenakan invasi Fraze, umat manusia (meski demi-humans juga ikut disebutkan) telah kehilangan lebih dari setengah populasinya. Kebanyakan negara kehilangan pemimpin mereka dan kota-kota besar juga ikut hancur.

Kesengsaraan karena terkena kerusakan besar dan momen terakhir para “hero” yang gugur setelah melawan mereka dengan gagah berani juga tertulis, tapi informasi yang bisa memberi keuntungan pada kami masih kurang. Pada saat itu, mereka mungkin menganggap para Fraze sebagai monster sihir misterius. Yah, kami juga masih mengagapnya begitu.

Oh, Ini….. (Touya)

Berbagai gambar dan lukisan Fraze digambar di akhir buku ini. Setiap tipe digambar satu-persatu dan kekuatan , ukuran, dan kecepatan mereka ditandai  dengan .

Begitu yah... ternyata mereka tidak tinggal diam dan tidak berpangku tangan saja. Mereka juga mencari cara dan berusaha membuat serangan balasan.

Fraze yang disebut sebagai tipe kelas rendah oleh End seperti tipe jangkrik, ular, kumbang, mantis, burung unta dan yang lainnya digambar satu halaman persatu tipe. Meskipun jumlah tipe ini banyak, bukan berarti mereka tidak bisa dikalahkan jika beberapa adventurer menyerangnya secara serempak.

Saat aku membalikkan halaman selanjutnya, tipe Kelas menengah seperti tipe belalang, laba-laba, hiu, anjing, capung, burung, dan yang lainnya muncul. Ada beberapa tipe yang masih belum kulihat. Apakah mereka telah merencanakan serangan balasan dengan matang untuk melawan mereka? Jika seseorang menggunakan sihir tidak langsung yang kuat, mereka mungkin sanggup untuk mengalahkan tipe itu. Meski hanya sihir tidak langsung, kerusakan yang diterima mungkin besar. Kalau menggunakan Frame Gear, 1 atau 2 dari robot itu akan bisa mengalahkannya .

Sekarang untuk tipe kelas atas. Dengan tambahan tipe buaya yang telah kami kalahkan, tipe burung….. atau lebih tepatnya, pteranodon, landak, babi liar dan yang lainnya muncul. Jika aku menempatkan tipe buaya itu sebagai dasar untuk yang lainnya, tiap-tiap dari mereka memiliki kekuatan besar yang tidak dapat digambarkan. Sejujurnya, jika kami melawan mereka tanpa pengalaman yang cukup, hal itu sangat nekat dan gegabah.

Tanpa sengaja aku membalikkan satu halaman lagi. Pada saat aku membalikkannya, ada sebuah gambar yang membuatku sedikit shock.  Untungnya aku tidak mengeluarkan suara yang terlalu tinggi ….

Apa…..  maksudnya ini ……? (Touya)

Fraze yang tergambar adalah tipe [Manusia]. Tubuh bagian depan digambarkan, dari kening sampai daerah sekitar pusar, terlihat sesosok laki-laki dan perempuan yang seluruh tubuhnya terbuat dari kristal. Terlebih lagi, yang membuatku keheranan adalah baik kekuatan dan kecepatan mereka melampaui tipe kelas atas.

Jadi maksudnya ada tipe seperti ini …..? (Touya)

Seakan-akan pantas bagi mereka untuk dipanggil dengan nama manusia Fraze. Mereka muncul 5000 tahun yang lalu dan telah diakui bahwa mereka lebih kuat daripada tipe kelas atas menurut orang-orang pada masa itu ….

Aku tidak bisa memperkirakan jumlah mereka, tapi yang kutahu kita bukanlah tandingan mereka. Aku harus membuat rencana serangan balasan kami lebih bagus daripada yang sekarang.

Aku telah membulatkan tekadku saat aku menutup buku itu. 



1 comment: