Friday, 15 June 2018

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 237 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Zero
Proof Reader
Shiro7D


Arc 25: Penganut Angan-angan

Chapter 237: Kaisar Surgawi Barudan Rencana Reklamasi




Reputasi smartphone meningkat tajam saat orang-orang tahu kalau itu adalah alat yang praktis.

Untuk negara luar, aku memberikannya pada para pemimpin Aliansi Negara-Timur-Barat. Sedangkan untuk Brunhild sendiri, secara natural aku memberikannya pada para tunanganku. Selain mereka, aku juga memberikannya pada para manager Babylon, ke kakak-kakakku Karen-nee-san dan Moroha-nee-san, pada Tsubaki-san, pada semua mantan Raja Surgawi Takeda, pada Komandan Orde Ksatria, pada para Wakil-Komandan Orde Ksatria, pada kepala pelayan Raim-san, dan juga Mika-san dari [Silver Moon].

Kontak setiap orang yang telah menerima smartphone pada dasarnya sudah terisi oleh kontak orang yang sudah familiar. Contohnya, Kontak Raja Belfast tidak ada di smartphone Mika-san, tapi ia memiliki kontakku. Level tertinggi yang bisa ia kontak adalah, Komandan Orde Ksatria Rain-san.

Namun tentu saja ia bisa mendaftarkan nomor kontak Raja Belfast jika ia memberitahunya. Semua ini ada karena akan sangat merepotkan jika ada orang yang memanggil pemimpin negara secara sembrono.

Sementara efek negatifnya — walaupun hanya main-main — cukup disayangkan karena semua orang telah sampai di titik di mana mereka akan membuat panggilan dan mengirim email hampir untuk setiap hal. Aku sendiri percaya kalau mereka cuma ingin berkata “Aku cuma ingin memanggilmu” atau “Aku cuma ingin mencoba mengirim email”. Mereka terlihat gembira layaknya bocah yang mendapat mainan baru. Ya ampun, tapi aku paham perasaan mereka kok. Keadaan mungkin akan tenang kembali setelah beberapa saat.

***

Ini…bagus sekali…. Benda ini memiliki performa yang lebih tinggi daripada yang kami gunakan untuk berkomunikasi. Apa ini artinya anda memberikannya pada saya?(Rerisha)

Begitulah, sebagai hadiah.(Touya)

Setelah menjelaskan fungsi umum smartphone padanya, aku memberikan 1 smartphone pada ketua guild Rerisha-san. Hari ini aku datang ke guild untuk urusan tertentu.

Aku meminum teh yang dibuat dan diberikan Rerisha-san. Tehnya selalu berbeda setiap kali aku datang, tapi tetap saja enak. Rerisha-san sepertinya menyukai teh hitam. Aku berkata seperti ini karena ada banyak kaleng teh tersusun rapi di rak ruangannya.

Bagaimana berita mengenai kemunculan Fraze belakangan ini?(Touya)

Ada 2 Fraze kelas-rendah muncul di Kerajaan Hanock… yang akhirnya dikalahkan oleh seorang adventurer rank-merah. Dengan ini, totalnya ada 3 kasus dalam 1 bulan ini. Saya rasa frekuensi kemunculan mereka bertambah sedikit demi sedikit.(Rerisha)

Memang. Mungkin ini pertanda kalau keretakan barir dunia meluas. Tapi kita masih patut bersyukur karena ukuran retakan kecil dan terpisah antara 1 dengan yang lain. Kalau keretekan kecil itu terhubung dengan yang lain dan menyatu, maka retakan akan semakin besar.

Jika retakan itu membesar, maka keretakan itu mungkin akan sampai pada titik di mana kelas-atas dan kelas-penguasa bisa masuk dan keluar dengan bebas.

Intinya, apa yang bisa kita lakukan sekarang sangatlah terbatas. Contoh apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya antara lain:

1:Menghabisi semua Fraze.
Ini cukup sulit. Aku tidak tahu seberapa besar potensi perang lawan. Selain itu kami juga harus siap untuk menerima kerusakan.

2:Bernegosiasi dengan Fraze.
Kelihatannya hanya kelas-penguasa saja lah yang bisa bicara, dan bernegosiasi dengan mereka ini kami ragukan faedahnya. Pihak mereka datang dengan tujuan membunuh kami. Walaupun jumlah mereka hanya sedikit, 2 kelas-penguasa yang telah kutemui punya karakter yang cukup merepotkan.

3:Mencari core [Raja], dan kirim ke dunia lain.
Walaupun dunia ini akan selamat, hal ini akan meninggalkan rasa bersalah. Rasanya seperti mengirimkan sumber malapetaka ini ke dunia lain. Selain itu, aku pun tidak tahu cara melakukannya. Dan aku juga tidak bisa meminta… Kami-sama. Karena pada dasarnya, ia punya alasan untuk tidak ikut campur urusan ini.

4:Hancurkan core [Raja].
End pasti akan menjadi musuh. Selain itu, apakah [Raja] akan membiarkan dirinya hancur? Mungkin keadaan juga akan memburuk jika ia bangkit dengan aneh.

5:Aku membuat dan mengganti barir dunia dengan yang baru.
Bagaimana caranya?

Setiap pilihan itu tidak punya faktor penentu. Jika dibahas secara realistis, kurasa poin pertama saat ini sudah berjalan. Setelah itu, tidak masalah untuk mencoba poin kedua jika aku bertemu dengan kelas-penguasa lain, tapi…

Oh iya, ada kabar dari Yuuron yang mengakat Kaisar Surgawi baru beberapa waktu yang lalu.(Rerisha)

Lagi?(Touya)

Sudah berapa banyak orang yang mengaku-ngaku sebagai Kaisar Surgawi?


Seorang Kaisar Surgawi telah muncul di tiap kota, yang akhirnya membuat Yuuron sama seperti negara bagian untuk setiap kota.

Namun, Kaisar Surgawi yang satu ini nampaknya serius. Ia telah memulai perang dengan Kaisar Surgawi lain satu persatu, lalu menjadikan mereka bawahan. Walaupun sepertinya ia menggunakan cara yang cukup memaksa.(Rerisha)

Memaksa?(Touya)

Rasanya ia tidak milih-milih dalam menggunakan rencana agar ia bisa menang. Ia meledakkan istana di ibukota dimana Kaisar lain tinggal atau menyogok bawahan Kaisar lain… dan masalah terbesar dalam kasus ini adalah senjata yang mereka sebut sebagai Prajurit-besi.(Rerisha)

Prajurit-besi..?(Touya)

Aku pun mengerutkan dahi karena apa yang Rerisha-san baru saja katakan. Jangan-jangan…

Seperti yang diimplikasikan namanya, mereka adalah prajurit mesin yang terbuat dari besi. Kami semua mengira kalau prajurit-prajurit itu tiruan dari teknologi Framegear.(Rerisha)

Jadi seperti itu rupanya, yah?(Touya)

Aku memang sudah menduga kalau bagian Framegear yang tercuri mungkin akan digunakan untuk sesuatu, tapi kejadian ini lebih dini yang yang kuperkirakan.

Sepertinya mereka punya pengetahuan teknologi dan kekuatan finansial yang cukup baik.

Ini cuma asumsiku saja sih, tapi…ada kemungkinan kalau [Asosiasi Emas] lah yang mencuri bagian Framegear kami, lalu mereka membuat Prajurit-besi menggunakan teknologi tiruan dan mengirimnya pada Kaisar Surgawi baru Yuuron… Seperti itu, mungkin? Nyatanya, Asosiasi Emas punya anggota bervariasi mulai dari sarjana sampai pedagang, jadi seharusnya mereka bisa melakukan hal yang membutuhkan skill khusus.

Tidak, ada juga kemungkinan kalau Kaisar Surgawi baru ini merupakan anggota organisasi itu. Kalau dipikir-pikir, sungguh diragukan kalau ia benar-benar keturunan Kaisar Surgawi sebelumnya.

Seperti apa sih Prajurit-besi itu? Apa bentuknya mirip dengan Framegear?(Touya)

Mari kita lihat. Ada kemiripan sih. Ah, ada sketsa yang digambar anggota guild. Ummm…Ah, ini dia.(Rerisha)

Rerisha-san memberiku secarik kertas dari dokumen-dokumen di mejanya.

Begitu yah… lumayan mirip lah.(Touya)

Apa yang tergambar di kertas itu bertangan panjang, berkaki pendek, dan badannya juga yang pendek, tapi cukup lebar. Bagian lehernya juga pendek, yang menjadikan bentuknya tidak enak dilihat, namun jika dilihat dari ketahanannya, robot ini cukup stabil. Jadi ini yah yang namanya Prajurit-besi.

Memang, benda ini mirip Framegear. Tapi aku tidak tahu seberapa baik performanya.

Ada berapa unit Prajurit-besi milik mereka?(Touya)

Menurut laporan anggot guild, setidaknya ada 100 unit. Sepertinya ia menyerang kota-kota Kaisar Surgawi lain menggunakan mesin-mesin ini, dan pertempuran itu bahkan tidak layak disebut pertempuran.(Rerisha)

Mustahil bagi prajurit biasa untuk menyerang mesin ini. Mereka mungkin bisa merobohkan beberapa jika jumlahnya sedikit, tapi itu tidak terjadi jika jumlahnya lebih dari 100.

Jadi, menurut anda, apa yang Kaisar Surgawi Yuuron ini ingin lakukan?(Touya)

Saya rasa untuk menyatukan negara, dan membuat dinasti baru. Sepertinya ia bisa melakukannya jika memiliki Prajurit-besi itu.(Rerisha)

Prajurit-besi itu memang kuat. Dan jika dengan itu, menyatukan Yuuron bukan lagi sebuah angan-angan.

Tapi, bagaimana cara menyikapinya? Tidak salah lagi kalau teknologi ini hasil  tiruan dari negara kami. Sejujurnya, rasanya tidak enak saat tahu teknologi kami digunakan untuk perang. Walaupun berkata seperti itu, aku masih ragu untuk menyerang mereka. Karena dalam artian tertentu, hal ini adalah perselisihan internal.

Akan tetapi, jika [Asosiasi Emas] lah yang ada di belakang semua ini, mereka mungkin berpikir kalau ide ini tidak ada faedahnya. Yah biarlah, toh aku bisa membuat berbagai alasan untuk melakukan internvensi militer pada mereka.

Bagaimana cara mengatakannya, yah? Oh, iya… Mereka telah mencuri Framegear kami, jadi kami boleh mencuri milik mereka, kan?(Touya)

Eh?(Rerisha)

Rerisha-san pun terkejut.

***

Dan oleh karena itu, aku bermaksud untuk mencuri [Prajurit-besi] itu dari Yuuron.(Touya)

Hou-hou. Aku suka rencanamu. Kau tentunya akan membiarkanku melakukan [Analysis] setelah kau mendapatkannya, kan?(Regina)

Profesor pun menunjukkan senyuman iblis. Ia pasti tertarik pada bagaimana caranya mereka menggunakan teknologinya.

Sebaliknya, orang-orang yang menatapku dengan terbelalak adalah Yumina, Rue, dan Hilda, 3 Tuan Putri sejati. Sakura juga Tuan Putri sih, tapi pangkatnya diturunkan ke level Bangsawan biasa. Elzie, Sue, dan Rin terlihat antusias, dan 3 lainnya , yakni Lindzey, Yae, dan Sakura terlihat sedikit bingung dan tidak tahu bagaimana cara menanggapi hal ini.

Seseorang yang notabenenya Raja suatu Negara berencana melakukan sesuatu yang tidak terhormat seperti mencuri. Apa-apaan rencana ini?(Hilda)

Kalau begitu, mari katakan kita meminjam untuk selamanya. Walau tanpa seizin mereka sih.(Touya)

Bukankah itu sama saja?(Hilda)

Hilda pun mengerutkan dahi. Ini terjadi karena ia gadis yang jujur.

Aku akan menyembunyikan identitaskku kok. Lihatlah!(Touya)

Itu lagi, yah…?(Yae)

Yae menghela nafas saat melihat topeng Pendekar Oni Perak yang kukeluarkan. Entah kenapa topeng ini dicap jelek. Selain menyembunyikan identitasku, topeng ini adalah benda menakjubkan yang bisa membiarkanku mengamuk sepuas hati.

Karena kau pergi untuk mencuri mesin-mesin itu, apa kau akan pergi sendirian?(Yae)

Tidak, untuk berjaga-jaga, aku berencan untuk pergi besama Tsubaki-san dan Kohaku. Karena sepertinya membawa terlalu banyak orang memperbesar kemungkinan ditemukan.(Touya)

Aku juga ingin pergi lho. Nggak boleh? Touya?(Sue)

Nggak boleh.(Touya)

Muu. Pelitnya.(Sue)

Aku menolak permintaan Sue. Selama ada aku, Ia tidak akan berada dalam bahaya, tapi tetap saja ada kemungkinan ia akan terluka.

Omong-omong, rencana ini dirahasiakan dari Kousaka-san, karena ia pasti akan mencoba untuk menghentikanku.
(Ramune: nggak di Brunhild, nggak di Misumido, yang namanya perdana menteri selalu paling menderita, yah)

Aku penasaran apa alasanmu melakukan ini. Bukankah tidak masalah membiarkan negara itu?(Elzie)

Aku tidak tahu kapan para Prajurit-besi itu akan digunakan melawan negara tetangga Yuuron. Ferzen, Hanock, Zenoasu, Rodomea……. Kita harus tahu potensi perang lawan untuk berjaga-jaga kalau waktu berperang datang.(Touya)

Oleh karena itu seperti yang kubilang, tanpa Touya-san yang pergi pun tidak ma…(Lindzey)

Ini prediksi pribadiku dan bukan negaraku, jadi aku tidak bisa meminta orang lain melakukannya untukku.(Touya)

Aku memang menjawab pertanyaan si kembar Elzie dan Lindzey, tapi tujuan asliku adalah menguak identitas orang merepotkan itu dan juga mengakhiri mereka sekaligus.

Tapi ada 1 hal yang kukhawatirkan.

Yakni hal yang Raja Ferzen katakan tentang Asosiasi Emas sebelumnya.

20 tahun yang lalu, Asosiasi Emas mencoba membangkitkan salah satu sihir terlarang.

Aku penasaran apakah Asosiasi Emas yang sekarang juga berencana membangkitkan sihir terlarang seperti yang dulu?

Aku punya firasat kalau alasan mereka membantu Kaisar Surgawi Yuuron hanyalah sebagai batu loncatan untuk menggapai tujuan itu. Yah, itu hanya firasatku saja sih.

Tapi firasatku terkadang benar. …huh? Apa ini, juga efek kekuatan surgawi, yah? Mumuu…. Yah, biarlah. Toh ini bukan sesuatu yang buruk.

Kalau dipikir, kurasa mereka tidak akan bisa menggunakan sihir terlarang yang mereka coba bangkitkan itu dengan mudah. Sebaliknya, kemungkinan kalau sihir itu berbahaya sangat tinggi.

Kalau itu benar, maka lebih baik melakukan ini sekarang sebelum terlambat. Untuk itu, sebuah bukti akan diperlukan nanti.

Perkerjaanku kali ini mungkin akan sedikit sulit.

(Ramune: seperti yang diharapkan dari orang OP + ½ dewa, gak ada yang sulit)







Sebelumnya || Daftar Chapter  || Selanjutnya

22 comments:

  1. Eh Bang Jon, "Sedikit" juga ada sulitnya oi

    -Eden

    ReplyDelete
  2. Touya juga bisa kesulitan, terutama melawan orang yang punya anti-sihir atau Lokasi yang ada anti-sihir nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plus ngelawan para istri

      Delete
    2. Itu bukan kesulitan lagi tapi emang gak bisa lagi melawan para istri nya... 😅

      Delete
  3. Makasih banyak tim translator.. Tapi kalo sekali posting 4 chapter bakalan kekejar sama translate inggris raising the dead nih. Yah yang penting semangaf yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih jauh kok, klo ga salah bukannya dah 274, yg aslinya dah 470 an

      Delete
  4. Semangat min translate nya. Kami menunggu chapter selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. Semangat untuk para TL, ED dan antek-anteknya.... Meski kabar buruk datang dari Raising The Dead selaku Translate englishnya yang menyatakan akan menghentikan mentranslate Isesuma, tapi gw harap kalian masih lanjut larena bagaimanapun gw nunggu Arc 31: Pernikahan dan bulan madu.... Sekali lagi, semangat dan terimakasih....

    ReplyDelete
  6. Semangat bang walau masih belajar bahasa jepang ama langsung lihat raw nya, Ane masih setia nunggu kok. Nanti kalo udah bisa bhs jepang ama translate nanti ane daftar min buat join TL langsung dari RAW nya

    ReplyDelete
  7. Ditunggu min chapter berikutny klo bisa 2 minggu sekali....

    ReplyDelete
  8. Semangatttt! Jangan kaya web sebelah yang blom apa2 udah drop, kmu pasti bisa!

    ReplyDelete
  9. Semangat min! IwST emang lebih seru baca LN-nya. Lanjutkan ya min jgn drop kayak web lain. Masalah pdf buatnya kalo ada waktu aja jgn maksa

    ReplyDelete
  10. Lanjut kan min...
    saya tunggu lanjutannya 😂😂😂

    ReplyDelete
  11. Min tolong buat link download per arc nya min

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete