Monday, 10 September 2018

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 258 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
BUDI
Proof Reader
Mizuki Hashima


Arc 26: Apa yang Bisa Dilakukan Untuk Esok Hari

Chapter 258: Kapsul Hadiah dan Kejadian Ke-3 Kalinya



Jadi, karena alasan itulah aku mengajukan produk ini.(Touya)

Ho-hou. Benda macam apa ini, Baginda? Sepertinya ada sesuatu di dalamnya…(Alba)

Benda asing itu telah diletakkan di depan toko cabang Perusahaan Strand milik Alba-san yang ada di Brunhild.

Bagian atasnya adalah kotak besar berisi benda tertentu sementara bagian bawahnya adalah celah tempat memasukkan uang, selain itu, ada juga gagang putar dan sebuah lubang di mana penggunanya mengambil barang dari kotak itu.

Kotak itu adalah “Kotak Mainan Kapsul”.

Kurasa sebaiknya dinamai “Mesin gacha” saja, tapi ya sudahlah. Alba-san, silahkan dicoba dulu.(Touya)

Saat aku mengatakannya, Alba-san memasukkan 1 koin perunggu ke celah itu lalu menggerakkan gagangnya, yang membuat suara bising. Setelah itu, sebuah kapsul berdiameter 10 cm jatuh ke lubang tempat keluarnya konten kotak bagian atas.

Baginda…ini apa?(Alba)

Sebelum bertanya coba dibuka dulu.(Touya)

Alba-san pun membuka bagian luarnya yang terbuat dari kulit yang direkat, dan sebuah miniature FrameGear pun terlihat. Miniatur itu adalah versi mini “Chevalier” yang terbuat dari karet.

Hoo! Bagus sekali! Tapi kalau kalau fungsi kotaknya hanya untuk itu, bukankah tidak masalah bagi kita untuk menjual FrameGear mini ini seperti biasanya?(Alba)

Alba-san, isi kapsul itu bukan hanya “Chevalier”. Aku punya berbagai macam FrameGear lain di kapsul-kapsul lainnya. Ini daftarnya, lihatlah.(Touya)

Alba-san melihat kertas yang kuberikan dan akhirnya terkejut setelah mengetahui betapa banyaknya barang yang ada di dalam kapsul tadi. Tapi sampai sekarang ia tidak tahu cara kerja kotak itu.

Ehm. Seperti yang diduga. Kotak itu punya kegunaan tersendiri… Bagaimana kalau kita menjual item-item itu di toko saja? (Alba)

Tunggu sebentar. Begini, contohnya, mari katakan Alba-san ingin “Night Baron”. Kau bisa membelinya seharga 1 koin perunggu secara langsung kalau toko itu menjualnya, bukan? Tapi kalau item itu ditaruh di kotak itu, maka…(Touya)

…! Benar juga yah! Item yang kita mau mungkin tidak akan keluar di percobaan pertama! Kau harus memasukkan uang lagi dan lagi…  Begitu ya! Dengan kata lain, maksud anda adalah “Kita bisa untung besar!” (Alba)

Ini adalah komoditas yang menggugah selera judi seseorang, tapi dengan harga yang sangat murah, yakni tidak memakan banyak uang. Omong-omong, kalau seseorang membawa 10 item ke toko penjual, mereka bisa menukarnya dengan 1 koin perunggu, yang membuat pengembalian stok komoditas ini semakin mudah.

Kubuka [Storage] dan mengambil 1 kotak lotere lain yang bentuknya sama dengan yang tadi.

Nah, kotak yang ini berisi item dengan kualitas lebih bagus daripada yang barusan. Biaya setiap putarannya adalah 1 koin tembaga, membuatnya 10x lipat lebih mahal dari yang tadi, tapi yang ini terbuat dari besi berkualitas tinggi.(Touya)

Ini adalah mainan yang bisa digunakan anak kecil dan orang tua. Yah, tidak ada masalah kalau nantinya orang tua dan bocah menggunakan lotere, kan.

Alba-san pun mencoba memutar gagang kotak ke-2. Item yang keluar adalah “Blue Moon”, FrameGear pribadi Norun-san, Wakil-Komandan Orde Ksatria kami.

Jika dibandingkan dengan item sebelumnya yang dibuat dari karet yang dikeraskan, yang satu ini lebih besar, jadi item dari kotak ke-2 akan cocok digunakan sebagai ornament karena tebal dan berat.

Omong-omong, isi kotak lotere itu adalah:


Beberapa tipe FrameGear:
  • Gerhilde (Elzie)
  • Schwertleite (Yae)
  • Siegrune (Hilda)
  • Ortlinde (Suu)
  • Helmwige (Linzie)
  • Grimgerde (Rin)
  • Shining Count (Komandan)
  • Night Baron (Wakil-Komandan)
  • Blue Moon (Wakil-Komandan)
  • Chevalier (Ksatria biasa)
  • Dragoon (End)
  • Semua jenis senjata FrameGear.

Dan beberapa tipe makhluk sihir:
  • Naga Hitam
  • Wyvern
  • Serigala Sunora
  • Golem Mithril
  • Scorpinas
  • Maou
  • Kepiting Merah-darah
  • Golem Kayu.
  • King Ape
  • Makhluk sihir kecil lainnya.

Alasan kenapa aku memasukkan makhluk sihir adalah kalau kami menjual miniatur FrameGear, maka karakter lawan akan sangat dibutuhkan dan juga orang-orang mungkin akan bosan dan berkata “Hadeh..lagi-lagi Chevalier..” saat membuka kapsul.

Yah, persentase pendapatan miniature satu dan lain cukup berbeda, walaupun setidaknya pasti akan dapat 1 FrameGear sih.

Kali ini, aku mengeluarkan 1 kotak lagi dari [Storage], sejujurnya, yang satu ini adalah atraksi terbesar kami. Kotak ini lebih besar dari yang tadi dan tidak berisi makhluk sihir sama sekali.

Nah, cara kerja yang satu ini tidak memerlukan uang. Daripada membayar, kotak yang ini memberi sebuah hadiah saat seseorang telah menghabiskan sejumlah uang di tokomu. Untuk alasan itu pula lah, material yang digunakan di kotak ke-3 ini adalah tulang makhluk sihir. Miniaturnya cukup bagus karena desainnya yang warna-warni. Sebagai tambahan, tangan dan kakinya bisa digerakkan dan dicopot.(Touya)

Benda ini lah yang disebut “action figure”, yang super-extraordinari karena bisa meniru transformasi FrameGear Lindzey. Aku membuatnya dengan tulang makhluk sihir yang persis dengan plastik.

Sejumlah uang” itu….maksudnya 1 koin silver atau bagaimana?(Alba)

Nn~, yah…terserah. Sejujurnya, aku sangat amatir dalam bidang ekonomi, jadi kau bisa menentukannya sendiri.(Touya)

Ia sampai mengatakan “1 koin silver”, kalau tidak salah itu sekitar 10, 000 yen, bukan? Yah, kalau dipikir-pikir isi kotak ke-3 itu adalah hadiah pembeli setia, jadi tidak masalah, ya kan.

Seharusnya, proses pembuatannya tidak terlalu sulit. Pembuatan figur yang bisa digerakkan hanya menuntut keahlian level menengah, dan juga sepertinya Alba-san bekerja sama dengan seorang Perajin Dwarf. Jadi…semuanya akan baik-baik saja.

Setelah memasang kotak pertama di dalam toko (karena ada kemungkinan isi kotak akan dicuri jika dipasang di luar), bocah-bocah telah mengerumuninya dan mulai menarik gagangnya. Oh, ada yang mendapat Dragoon. Dragoon termasuk miniatur yang langka.

Kalau performanya seperti ini, maka biaya buruh akan tertutupi… dan kalau aku mengganti isinya, pasti… (Alba)

Sepertinya Alba-san sudah membuat berbagai perhitungan di kepalanya saat melihat bocah-bocah yang menarik gagang kotak.

Aku memberi cetakan besi untuk pembuatan semua miniatur padanya lalu meninggalkan toko.

Saat aku berjalan di jalan utama kota, terlihat sebuah keributan di depan sana.

Aku pun mencoba mengintip melalui celah kerumunan warga, dan melihat sebuah penangkapan.

Diam di tempat! Ini penangkapan!(Ksatria)

Di sana terlihat 4 ksatria sedang memegangi 2 lelaki garang. Setelah mengikat tangannya di punggung, 3 ksatria membawa mereka pergi.

Maaf atas ketidaknyamanannya, bapak, ibu, adik-adik sekalian. Jangan khawatir, semuanya sudah teratasi.(Ksatria)

Ksatria itu pun mengatakannya untuk menenangkan warga.
Oya? Kalau tidak salah, dia ini…

Ya. Terima kasih atas kerja kerasnya, ya!(Touya)

Hmm? Aaa! Se-selamat siang, Baginda.(Lance)

Ksatria berambut pirang pendek itu pun mencoba bertekuk lutut. Lance Tempest, ia adalah ksatria baru kami yang lahir di Kerajaan Ksatria Restia.

Hadeh, sudah kubilang jangan lakukan itu. Ayo berdiri. Berdirilah. Aku sudah bilang agar jangan melakukan hal seperti ini kecuali di acara resmi, bukan.
Hal ini sangat merepotkan, tahu.
(Touya)

Ba-baik…(Lance)

Lance terlihat bingung dan akhirnya berdiri. Kurasa insting seorang ksatria telah tertanam di dirinya yang lahir di Kerajaan Ksatria, jadi kurasa hal itu tidak dapat dihindarkan.

Jadi Lance..apa yang barusan terjadi?(Touya)

Ya, ada pelecehan seksual terhadap pelayan restoran. Kami pun langsung menangkapnya setelah anaknya berlari ke pos kami.(Lance)

Begitu ya. Jadi mereka melecehkan pembantu-san, yah? Walaupun ini bukan masalah besar, mari buat mereka merenung sejenak atas apa yang mereka perbuat.

Namun, pemandangan ksatria yang menangkap penjahat menggunakan tali barusan terlihat seperti sebuah adegan dalam drama sejarah meskipun faktanya penggunakan borgol lebih efektif daripada tali. Seharusnya di dunia ini ada benda seperti rantai tangan, belenggu tangan dan lainnya, yah.

…apa kubuat saja, yah?(Touya)

Ha?(Lance)

Aku pun mengeluarkan besi mentah dari [Storage] dan merubahnya menjadi borgol sesuai petunjuk di internet. Oh iya, aku juga harus membuat kuncinya. Dalam beberapa menit, aku pun membuat sepasang borgol yang terlihat berkilauan.

Maaf Baginda, benda apa ini?(Lance)

Namanya borgol. Borgol ini lebih ringan dan lebih mudah dibawa daripada belenggu tangan. Bisakah kau menyatukan tanganmu dan menyodorkannya ke depan?(Touya)

Kupasang borgol ke tangan yang disodorkannya, dan borgol itu pun menahannya. 

Me-mengagumkan…Dan juga kuat.(Lance)

Lance pun mencoba mengeluarkan tangannya dari borgol itu. Akan tetapi seperti yang kuduga, borgol itu tidak rusak sedikitpun. Akan tetapi, borgol itu terbuka dengan mudah saat aku memasukkan dan memutar kunci di lubang borgolnya.

Aku akan memberikannya padamu, jadi daripada menggunakan tali, gunakanlah ini dalam penangkapan selanjutnya. Setelah ini, mari gunakan borgol sebagai perlengkapan standar bagi ksatria patroli kita. Tapi hati-hati, ya, soalnya kalau kuncinya hilang, kau tidak akan bisa membukanya. Ah, kunci cadangan… Aku juga akan memberimu kunci cadangannya.(Touya)

Baik! (Lance)

Kaku, terlalu kaku. Kalau tidak salah, Kapten Ksatria Patrol itu Logan, kan? Aku akan berbicara padanya dan menetapkan beberapa hal secara detail nanti.

Omong-omong, apa kau sudah kerasan di Brunhild?(Touya)

Sudah, Baginda. Semua yang saya lihat dan dengar di Negara ini sangat menstimulasi. Brunhild adalah Negara yang menakjubkan, dan juga hebat karena semua orang sangat baik pada sesama.(Lance)

Aku senang mendengarnya. Seperti yang kuduga. Saat orang asing memuji Negara ini, aku merasa senang.

Ara? Rupanya Touya-san. Ah, Lance-san juga ada di sini.(Mika)

Orang yang kebetulan lewat itu adalah Mika-san si pemilik hotel [Silver Moon] cabang Brunhild. Ia sedang membawa barang belanjaan yang sangat banyak. Apa ia baru belanja, yah?

Sudah lama gak ketemu, ya. Gimana keadaanmu di istana? Apa pola makanmu teratur?(Mika)

Pola makanku sangat teratur lho~. Saat ini aku sehat dan merasa sempurna.(Touya)

Secara reflek, aku pun tersenyum pada gadis yang sifatnya tak berubah ini. Oh, ini mengingatkanku, sudah lama sejak terakhir kali aku makan di [Silver Moon].

Mi-Mika-dono! Tolong jaga kelakuanmu pada Baginda.(Lance)

Ahh, enggak apa-apa kok. Kami ini sahabat lama, yang lamanya lebih lama daripada Elzie dan lainnya. Sudah kubilang tidak apa-apa.(Touya)

Aku menenangkan Lance yang tiba-tiba panik. Omong-omong mengenai kawan yang lebih lama daripada Mika-san, hanya Zanack-san dari [Toko Raja-Model Zanack] yang muncul di pikiranku, tapi walaupun begitu, perbedaannya hanya beberapa jam.

Hee…Mika-san kenal dengan Lance, yah?(Touya)

Iya lah. Kau tahu, belakangan ini, ia selalu datang ke toko kami…bukan selalu sih, tapi setiap hari. Ia salah satu pelanggan setia kami, tahu?

AAaa-Ah!!! Itu karena masakan Mika-san sangat enak, jadi secara tidak sadar kaki saya selalu berjalan ke sana! Mungkin karena masakannya memiliki rasa yang tidak mungkin tidak disukai orang, atau mungkin karena masakannya memiliki rasa kehangatan yang mengingatkan rumah!(Lance)

Lance tiba-tiba menjadi cerewet seakan-akan sedang terburu-buru. Untuk suatu alasan tertentu, wajahnya sangat merah. Oya? Apa ini gara-gara..itu, yah 

Oooo…dengan kata lain, Lance sudah terpikat…(Touya)

Apaaa!! Ba-baginda, aaa-a-apa yang anda ka…!(Lance)

…terpikat masakan Mika-san, yah~(Touya)

Nah..loh...betul sekali baginda! (Lance)

Lucu sekali. Walau Mika-san memiringkan kepalanya dan tidak paham sama sekali sih.

Mika-san. Membawa barang sebanyak itu pasti berat. Lance, maukah kau membantu membawanya sampai ke [Silver Moon]?

Ara~makasih Lance.(Mika)

Ya… iya! Serahkan pada saya!(lance)

Dengan wajah merahnya, ia menerima belanjaan itu dan menemaninya berjalan ke [Silver Moon]. Aku melihat kepergian mereka sambil melambaikan tangan.

Kalau tidak salah, Mika-san berumur 20 sedangkan Lance itu 22. Kurasa umurnya sudah pas, tapi berhati-hatilah Lance-kun, ayah Mika-san adalah raksasa berjanggur merah lho. Apa Lance bisa menghadapinya?

Hubungan mereka semakin menarik, lho~noyo.(Karen)

Uwa~!!! Kaget oiii!!(Touya)
Sebelum kusadari, Karen-nee-san sedang tersenyum dan berada di sampingku. Kenapa kau bisa ada di sini?!

Fu-fu-fu. Selama ada rasa kasih, aku akan ada di sana. Selama ada rasa cinta, aku juga akan berada di sana. Mochizuki Karen telah tiba!!! Sang Dewi Cinta telah tiba lho ~nanoyo.

Walaupun nee-san menunjukku sambil berpose, aku menatapnya dengan wajah penuh ejekan.

…atau sang penonton, yah? (Karen)

Sip! Yang itu lebih cocok!(Touya)

Tunggu saja, kau pasti akan mendapat batunya. Yah, tetap saja namanya "dewi cinta" yang menyiratkan bahwa orang-orang yang datang kepadanya untuk meminta nasihat supaya menjadi pasangan satu per satu.

Walaupun begitu, ada beberapa yang putus setelah memulai hubungan, dan kalau dirasa sia-sia saja, nee-san akan membujuknya agar merelakannya. Menurut Karen-nee-san si Dewi Cinta, merelakannya pada orang lain itu juga termasuk cinta.
(Ramune: Paham, Blo!? Merelakannya pada orang lain itu juga temasuk CINTA!!!
Tan, Dhan, Sal, Tar, Ossan, Rish, Fif, Fi, Riz, Mad, Bud, Din, merelakannya pada orang lain itu termasuk CINTA.)
(Shiro7D : Kayaknya JONES satu ini, lagi suka sama orang* dan enggak bisa merelakannya. Baiklah, bagi reader laki atau sejenisnya. Kalo masih mencari pasangan hidup, bisa hubungi makhluk di atas. Gw kasihan liatnya.)
Note: Gw lupa, Jones itu sudah sama orang atau bukan, yah?

Ayolah, jangan terlalu mencampuri hubungan mereka, lho ya?(Touya)

Mulai tidak sopan kamu ya~. Aku tidak punya niatan memberi nasehat dan semacamnya kecuali mereka dulu yang memintanya lho~noyo. Pada dasarnya, cinta adalah perasaan yang terbuka secara alami lho~nanoyo.(Karen)

Walaupun ucapannya cukup masuk akal, tapi aku meragukannya mengingat ketidak seriusan nee-san pada ucapannya sendiri.

Yah.. karena pada dasarnya, ia bukanlah Dewa yang menahan diri.

Omong-omong, kenapa kau ada di sini? Jangan katakan kalau kau lah yang menyatukan mereka berdua?(Touya)

Oh iya. Ada sesuatu yang menggangguku lho~noyo. Aku merasakan hawa Kekuatan Surgawi di sebelah barat-daya daerah ini lho~noyo.(Karen)

Eh?!(Touya)

Apa itu Dewa-bawahan?! Walaupun aku juga bisa merasakan Kekuatan Surgawi, aku tidak secepat Karen-neesan ataupun Moroha-nee-san.

Apa itu milik Dewa-bawahan…(Touya)

Tidak, yang ini berbeda lho~noyo. Kekuatan Surgawi ini milik Dewa-Rendah sama seperti kami lho ya~nanoyo. Walaupun seharusnya mustahil, tapi…(Karen)

Eh? Apa maksudmu? Perasaanku tidak enak.

Sepertinya Dewa-rendah ke-3 telah turun lho~nanoyo.(Karen)


Oh ayolah. Dewa apa lagi yang turun sih!?






Sebelumnya || Daftar Chapter  || Selanjutnya

24 comments:

  1. Ntar jangan jangan dewa yg turun ngaku lagi dah jadi saudara touya wkwk... Btw semangat min tl nya

    ReplyDelete
  2. Lanjutkan min kerja keras buat translate ke indonya.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Pokoknya semangat mimin-mimin sekalia hehehe... Udh ga sabar nunggu selanjut nya😗

    ReplyDelete
  5. thanks min udah lanjutin. jadi gk sabar nunggu chap berikutnya

    ReplyDelete
  6. semangat min dan makasih udah tetap lanjut, gak apa-apa chapter yang baru keluarnya agak lama yang penting hasil terjemahannya bagus

    ReplyDelete
  7. Semangat min, kejar terus ampe tamat ni novel

    ReplyDelete
  8. Dewa Loli Mabuk akhirnya muncul juga

    ReplyDelete
  9. Punya istri 9 sodara isi nya dewa semua, over power raja suatu negara, pemimpin dari aliansi negara, punya teknologi peradaban kuno yg di atas rata kurang apa lagi coba hidup lu toya -_-

    ReplyDelete
  10. Kapan update lagi min? Udah seminggu ni

    ReplyDelete
  11. Masukan min,

    Sepertinya Dewa-rendah ke-3 telah turun lho~nanoyo.

    Ane rasa bagus dibacanya kek gini min

    Sepertinya Dewa-rendah ke-3 telah turun~nanoyo.

    ReplyDelete
  12. Btw ada grup pecinta smartphone gk di line atau WA gan??

    ReplyDelete
  13. min arc 25 dan arc 26 belum ada link downloadnya ya?

    ReplyDelete
  14. kayaknay ini bakalan lama deh updatenya, kayaknya si admin lagi ngerjain pdfnya arc 25 sama terjemahan dari chapter2 selanjutnya deh

    ReplyDelete